Di negara-negara ini, bahasa Jawa jadi bahasa keseharian

Nendangbanget.net – Pada masa penjajahan belanda, banyak orang Indonesia yang dibawa ke Suriname untuk dipekerjakan. Banyak dari mereka yang kemudian menetap disana. Namun tidak hanya menetap, mereka juga melestarikan bahasa jawa di negeri Suriname ini. Sehingga penggunaan bahasa jawa bukanlah hal yang tabu disana.

Tetapi ada Negara lain lo gan yang banyak orang Indonesianya dan juga masih menggunakan bahawa Jawa sebagai bahasa keseharian. Siapa saja Negara tersebut, mari kita lihat :

Belanda

Setelah jaman penjajahan usai dan Indonesia telah merdeka, banyak orang Indonesia yang pindah ke Belanda untuk mengadu nasih. Sampai saat ini pun diperkirakan sekitar 395.000 orang Indonesia menghuni negeri kincir angina tersebut dan sebagian besar adalah orang Maluku.

Baca juga :

Jika anda pernah berkunjung ke Universitas tertua di Belanda yakni Universitas Leiden. Pasti anda akan menemukan naskah huruf jawa maupun kontemporer yang terawatt baik disana. Hal tersebut disebabkan karena banyak sekali pakar belanda yang memiliki minat terhadap bahasa Jawa gan.

Singapura

Anda orang Jawa Tengah ? tahukah anda bahwa banyak orang Jawa Tengah yang merantau ke Singapura untuk bekerja di kebun karet, pembangunan jalan dan jalu kereta api. Bahkan mereka dapat mendririkan kampong Jawa tersendiri disana gan, diantaranya adalah kampong Jawa ditepi sungai Rachor.

Malaysia

Pada tahun 1900an, Indonesia mengalami krisis ekonomi sehingga banyak orang bugis dan Jawa yang pindah ke Malaysia. Selain faktor ini, banyak juga orang Indonesia yang pindah kesana untuk bekerja. Bahkan keberadaan orang Jawa disana sudah pada generasi ketiga dan keempat gan. Kesenian Jawa pun tumbuh subur disana diantaranya keeping dan reog.

Namun sekarang ini generasi orang Jawa disana sudah tidak begitu fasih berbahasa Jawa, mungkin karena termakan oleh jaman gan :D. sebagian besar mereka tinggal di Johor dan Selangor.

Republik Suriname

Pada jamannya, Belanda mengirim sejumlah orang Indonesia ke Suriname. Saat ini sekitar 15 persen populasi Suriname adalah orang Indonesia. Pada saat Indonesia merdeka, mereka terlambat dalam memperoleh Informasi, juga ada yang kesulitan biaya untuk ongkos pulang ke Indonesia.

Akhirnya, banyak dari mereka yang memilih menetap disana dan mempunyai keturunan yang masih melestarikan budaya Jawa disana.

CEK NENDANGBANGET

Menarik bukan gan ? Maka dari itu, kita harusnya bangga jadi orang Indonesia khususnya Jawa. Juga harus tetap melestarikan budaya-budaya Indonesia gan !! Agar tidak hilang ditelan budaya-budaya barat yang masuk tanah air tercinta ini 😀

 

Baca juga artikel ternendang lainya guys:

Contact :
Motorcycle Blog : http://www.munivmotoblog.com
Enternainment Blog : http://www.nendangbanget.net
Portal News Blog : http://www.indoportalnews.wordpress.com
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.wordpress.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557
PIN : 33460EB

Iklan

4 thoughts on “Di negara-negara ini, bahasa Jawa jadi bahasa keseharian

  1. Ping balik: Kata Mutiara Cinta Bahasa Jawa Halus | Kumpulan Kata Bijak Terbaru

  2. Ping balik: Kata Mutiara Cinta Versi Bahasa Jawa | Kumpulan Kata Bijak Terbaru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s