Kontroversi Wisata Esek-Esek Kalijodo Beserta Sejarahnya

20140122_psk

nendangbanget – baru-baru ini ramai diberitakan bakal di gusurnya lokalisasi kalijodo oleh gubernur DKI jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama yang menuai pro dan kontra, secara tidak langsung otomatis ini menjadikan kalijodo semakin terkenal di indonesia gan….. :D. nahh untuk sedikit pengetahuan tentang asal muasal kalijodo, di sini samin pengen sedikit berbagi sejarahnya buat agan-agan sekalian. ahiiii

Baca juga :

sesuai namanya, kalijodo ini tempatnya mencari jodoh gan, kalijodo terletak di sebuah gang di daerah jakarta utara, kecamatan penjaringan, kelurahan pejagalan. untuk menuju ke lokasi tersebut bisa di tempuh dengan berjalan kaki melewati jalanan yang di namakan jalan pesing.

kalijodo sudah ada mulai abad ke-18 yang lalu. bermula dari singgahnya para saudagar tionghoa yang ada di indonesia. di tempat tersebut, pada saudagar tionghoa merayakan tradisi pehcun dan imlek.  tradisi pehcun dirayakan setiap 100 hari penanggalan imlek. para perempuan dan laki-laki saat itu merayakan peh cun dengan menaiki perahu melintasi muara kaliangke. dengan harapan mencari jodoh. namun uniknya bukan mencari jodoh untuk diajak menikah selamanya melainkan hanya untuk bercinta sementara saja. “gundik” adalah istilah yang diartikan sebagai wanita selingkuhan.

lokalisasi-kali-jodo

lambat laun seiring berjalannya waktu, ternyata bukan saja para saudagar tionghoa saja yang singgah ke kalijodo. para pribumi pun ikut berpastisipasi meramaikan tempat tersebut untuk mencari kepuasan surgawi duniawi bahkan menjadikan tempat tersebut sebagai tempat prostitusi
pada tahun 1958, sebenarnya tradisi peh cun sudah tidak boleh dirayakan lagi karena aturan dan larangan oleh pemerintahan walikota jakarta Sudiro yang menjabat tahun 1953-1960. namun sesuatu yang berbau prostitusi pastilah sangat sulit diberantas.

mari kita pantau sepak terjang gubernur DKI jakarta saat ini Ahok apakah mampu memberantas prostitusi kalijodo????????
disisi lain bisa jadi prostitusi adalah ladang pencaharian nafkah bagi sebagian orang.
karena tidak selamanya yang kita anggap buruk itu adalah buruk. dan juga tidak selamanya yang kita anggap baik itu baik.
🙂
124654_680269_PSK___Ilustrasi___JPG

Baca juga :

Contact :
Motorcycle Blog : http://www.munivmotoblog.com
Enternainment Blog : http://www.nendangbanget.net
Portal News Blog : http://www.indoportalnews.wordpress.com
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.wordpress.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557
PIN : 33460EB

Iklan

14 thoughts on “Kontroversi Wisata Esek-Esek Kalijodo Beserta Sejarahnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s