Menguak misteri keberadaan Surat Asli Perintah sebelas Maret (Supersemar)

supersemar

Nendangbanget.net – Ada pepatah mengatakan “Hidup itu harus melihat kebelakang, agar kita tidak tersesat di masa depan”. Banyak kontroversi-kontroversi sejarah yang sampai masa kini masih menyimpan misteri. Salah satu yang paling jadi teka teki di pikiran orang Indonesia adalah Surat Perintah 11 Maret (Supersemar). Misteri terbesar dalam perpolitikan Indonesia yang ditinggalkan oleh Soekarno dan Soeharto.

Baca juga :

Dilansir dari Kompas.com Senin (6/3/2016) akhir pekan lalu, yang mewawancarai Asvi Marwan Adam, Peneliti sejarah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia yang menceritakan beberapa peristiwa menarik seputar Supersemar.

surat perintah sebelah maret

Pada tahun 2012, Asvi bertemu dengan seorang temannya bernama Nurinwa Ki S Hendrowinoto yang merupakan penulis buku. Nurinwa bercerita kepada Asvi bahwa dia memiliki seorang kawan anak kyai di Blitar, Jawa Timur. Di rumahnya temannya bergantung sebuah surat berfigura kayu yang diduga merupakan Supersemar dari Soekarno ke Soeharto. Surat tersebut sudah sangat tua hingga kertasnya melekat pada figura.

Berdasarkan cerita, surat itu kali pertama dibawa oleh Soedjono Hoemardani. Soedjono adalah asisten pribadi Presiden Soeharto, yang ahli soal kebatinan. Surat itu dibawa ke Blitar dengan maksud untuk didoakan oleh sang kiai.

CEK NENDANGBANGET

Lalu, mereka menyerahkan surat itu ke Arsio Nasional RI (ANRI) secara resmi dan minta supaya diperiksa, apakah ini surat yang asli atau bukan. ANRi punya caa sendiri untuk menguji keasliannya. Namun, setelah melalui serangkaian proses penelitian dan pengujian. Akhirnya naskah itu dinyatakan bukan asli. Selain beda usia, tanda tangan Soekarno memperlihatkan bahwa kertas itu hasil duplikasi. Penelitian dilakukan oleh Laboratorium Forensik Polri.

Baca juga artikel ternendang lainya guys:

Contact :
Motorcycle Blog : http://www.munivmotoblog.com
Enternainment Blog : http://www.nendangbanget.net
Portal News Blog : http://www.indoportalnews.wordpress.com
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.wordpress.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557
PIN : 33460EB

Iklan

12 thoughts on “Menguak misteri keberadaan Surat Asli Perintah sebelas Maret (Supersemar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s