Anak-anak di Indonesia sekarang bisa miliki Kartu Identitas mirip KTP

Nendangbanget.net – Setelah Elektronik KTP atau E-KTP, Menteri Dalam Negeri akan mencanangkan program baru yakni Kartu Identitas Anak (KIA) pada tahun 2016 ini. KIA memiliki kegunaan hampir sama dengan e-KTP. “KIA adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah” tutur Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Adanya KIA ini adalah sebagai upaya pendataan penduduk dari lahir hingga nantinya berkewajiban memiliki e-KTP. Menurut Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh “Tugas Negara memberikan identitas kepada seluruh penduduknya, termasuk anak-anak”.

Baca juga :

Dikutip dari situs resmi Kemendagri mengenai peraturan nomor 2/2016, Nantinnya ada dua jenis KIA. Pertama untuk usia 0-5 tahun. Kedua untuk usia 5-17 tahun kurang satu hari. Setelah 17 tahun maka KIA diganti dengan KTP. Perbedaan antara KIA yang pertama dengan yang kedua sendiri adalah KIA 0-5 tahun tidak menggunakan foto, dengan KIA 5-17 menggunakan foto. Untuk perbedaan KIA ini dengan e-KTP sendiri adalah e-KTP menggunakan chip sedangkan KIA tidak menggunakan chip.

Beberapa fungsi KIA antara lain adalah bisa digunakan untuk membuka tabungan dibank sendiri, anak-anak bisa memiliki kartu pintar, kartu sehat dengan atas nama sendiri.

CEK NENDANGBANGET

Namun, menarapan KIA akan dilakukan secara bertahap, ditahun 2016 ini tidak semua deerah akan diperlakukan langsung. Berdasarkan Permendagri nomor 2 tahun 2016 tentang penertiban KIA yang diundangkan pada 19 januari 2016. Untuk tahap pertama akan diperlakukan diwilayah Solo, Bantul, Malang, Yokyakarta dan Balikpapan.

Kalau dari kecil dalam diri kita sudah ditanam jiwa mandiri maka bukan tidak mungkin 10-20 tahun kedepan Indonesia akan jadi Negara yang kuat dan mampu menjadi Negara yang berpengaru didunia ini. Oleh karena itu,  Mari gan kita wujutkan Indonesia yang mandiri dan berdikari 😀

 

Baca juga artikel ternendang lainya guys:

Contact :
Motorcycle Blog : http://www.munivmotoblog.com
Enternainment Blog : http://www.nendangbanget.net
Portal News Blog : http://www.indoportalnews.wordpress.com
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.wordpress.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557
PIN : 33460EB

Iklan

2 thoughts on “Anak-anak di Indonesia sekarang bisa miliki Kartu Identitas mirip KTP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s